Inilah Wisata Gunungkidul Selain Pantai

MentariNews.com – Mau datang ke Gunungkidul untuk wisata tapi malas ke pantai, inilah beberapa obyek wisata menarik yang ditawarkan selain pantai di Kabupaten Gunungkidul. Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Gunungkidul memiliki deretan pantai yang super cantik, di kabupaten yang hampir separo dari Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga menawarkan wisata lain yang tak kalah asik. Berikut adalah tempat wisata di Gunungkidul selain pantai, yang bisa kamu jadikan pilihan kunjungan saat wisata ke Kabupaten Gunungkidul:

1. Goa Pindul

Suasana Pengunjung Bersiap Masuk ke Goa Pindul
Gb. Suasana Pengunjung Bersiap Masuk ke Goa Pindul

Jika kamu mau berwisata di obyek wisata satu ini, di sini kamu dapat berpetualangan menyusuri keindahan Sungai Oya di Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo. Sungai oya yang mengalir di bawah kawasan Goa Pindul ini sepanjang tak kurang 350 meter. Untuk dapat menyusuri obyek wisata ini, kamu harus merasakan basahnya bagian pantat dan tubuh karena harus duduk di atas ban truk yang saling diikatkan dengan yang lainnya. Nantinya, ban truk itu akan ditarik oleh petugas. Bersiaplah merasakan petualangan yang seru dan berbeda.

Gb. Suasana salah satu spot sisi gelap di Goa Pindul
Gb. Suasana salah satu spot sisi gelap di Goa Pindul

Selain dapat mengagumi ciptaan Allah SWT yang dimana pemandangan di sekitar goa yang menakjubkan, adrenalinmu akan diuji saat harus melewati sisi goa yang gelap dan sangat gelap. Di tempat ini kamu harus berhati-hati ketika melewati celah-celah goa yang sempit. Sementara, di bawah kakimu terdapat air dengan kedalaman sungai mencapai sekitar 10 meter.

2. Desa Wisata Nglanggeran

Gb. Inilah penampakan Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk
Gb. Inilah penampakan Gunung Api Purba Nglanggeran Patuk

Siapa yang belum mengenal obyek wisata satu ini? Desa Wisata Nglanggeran yang terletak di Kalurahan Nglanggeran Kapanewon Patuk ini merupakan salah satu andalan dari desa wisata ini yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut ini merupakan Gunung Api Purbakala, yang dimana ratusan bahkan jutaan tahun pernah aktif ini menjadi salah satu obyek wisata terkemuka di Gunungkidul.

Di sini jika kita mau menaiki gunung ini, dapatmenempuh medan pendakian yang relatif tidak begitu susah tetapi tetap membutuhkan kehati-hatian. Kita jika naik ke gunung ini, harus menapaki jalan menanjak dan bebatuan besar yang siap membuat kunjunganmu ke Gunung Nglanggeran terasa seru dan sedikit capek dan pegal-pegal di kaki. Jangan lupa ya sebelum menaiki gunung ini, siapkan perlengkapan terlebih dahulu minimal air minum. Walaupun susah payah kita naik gunung ini, saat di atas jangan kaget kita akan disapa oleh hamparan pemandangan kawasan Gunungkidul serta Embung Nglanggeran yang terlihat mempesona saat kita amati dari Puncak Nglanggeran.

Gb. Salah satu spot dari Gunung Api Nglanggeran terlihat Embung Nglanggeran
Gb. Salah satu spot dari Gunung Api Nglanggeran terlihat Embung Nglanggeran

Selain Gunung Nglanggeran, masih banyak obyek wisata lain yang dapat didatangi ketika berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran ini. Diantaranya adalah mengunjungi kampung pitu, mengunjungi Gunung Wayang, mendatangi Air Terjun Kedung Kandang,  maupun mampir menikmati coklat di Griya Coklat.

3. GVG – Green Village Gedangsari

Gb. Suasana Green Village Gedangsari dari atas
Gb. Suasana Green Village Gedangsari dari atas

Obyek Wisata Green Village Gedangsari (GVG) merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Padukuhan Guyangan Lor, Kalurahan Mertelu, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Jika kita berwisata ke obyek wisata ini, kita dapat menikmati fenomena pemandangan hijau yang menghampar dari berbagai arah .

Permainan Flying Fox terpanjang di Asia Tenggara
Permainan Flying Fox terpanjang di Asia Tenggara

Spot-spot foto beraneka bentuk juga dihadirkan guna menambah nuansa instagramable dari Green Village Gedangsari. Di sini juga terdapat permainan flying fox terpanjang di Asia Tenggara, berani mencoba?

4. Gunungkidul Agro Technopark

Di destinasi wisata ini kita dapat belajar menanam sayuran organik berupa sawi dan beberapa tanaman lain seperti melon kuning yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar. Destinasi wisata ini terletak di Padukuhan Sumbermulyo, Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

5. Desa Wisata Klayar Nglipar

Pemerintah Kalurahan Kedungpoh, Nglipar baru sejak akhir tahun 2017 lalu mengembangkan objek wisata Klayar. Di objek ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tapi juga memiliki kekayaan situs budaya dari masa lalu. Menurut informasi yang kami dapatkan, destinasi wisata ini sudah ada diinisasikan sejak akhir tahun 2013. Seperti apa keunikan Destinasi Wisata ini? Silakan dapat klik video di bawah ini

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan