Setelah Viral Pampang Dengan Agrowisata, Kini Launching Taman Wisata Edukasi Pertanian Pertama di Gunungkidul

MentariNews.Com – Paliyan (19/01), Bertempat di lahan persawahan desa Pampang, Paliyan, Gunungkidul para Pemuda Tani Milenial setempat yang tergabung dalam Kelompok Tani Milenial Taruna Karya Pampang menyulap menjadi Taman Edukasi Pertanian.

Taman Edukasi Pertanian nantinya berupa arena bermain outbond bagi anak anak sekolah dari TK sampai dengan SMA . Taman Edukasi Pertanian dilaunching pada Sabtu 18 Januari 2020 jam 07.30. Hadir dalam acara tersebut Kepala BPTP Yogyakarta Dr. Suharsono, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bahron Rosyid, Kepala Dinas Pertanian, Ir. Bambang Wisnu Broto, Lurah Pampang beserta perangkat Kalurahan Pampang Kapanewon Paliyan.

Kepala BPTP Yogyakarta, Dr. Suharsono, menjelaskan kehadirannya pada acara ini sebagai penyemangat dan apresiasiasi terhadap kegiatan para pemuda tani milenial yang sangat kreatif dan inovatif. Beliau sangat menyambut baik kegiatan ini,kedepannya kegiatan seperti ini dapat dikembangkan lagi. Sementara itu kadis Dikpora GK Bahron Rosyid mengatakan kegiatan ini sangat positif untuk mendekatkan peserta didik dengan Dunia pertanian modern. Selain itu untuk mengurangi anak 2 bermain gadget kegiatan ini juga efektif.

Ketua Pemuda Tani Milenial Pampang Budi Susilo (43) menjelaskan Taman Edukasi Pertanian nantinya dilengkapi Sekretariat dan tempat pertemuan untuk menerima tamu dan penjelasan terkait pertanian, kamar mandi, kamar ganti pakaian, air mengalir, serta arena bermain out bond di lahan sawah antara lain permainan lempar bola, permainan ninja warior di air menggenang, permainan menangkap belut, dan endingnya adalah belajar menanam padi di Sawah dengan bibit padi yang sudah disiapkan. Sehingga nantinya anak anak dari TK sampai SMA akan mengenal pertanian dan masuk ke lahan pertanian dengan senang hati dan bergembira. Saat ditanya tentang tarif masuk, menjelaskan unthk tarif masuk adalah Rp 15.000 per orang. Sebagai tambahan pemuda tani milenial Pampang telah membuat situs blogspot dengan alamat : pampangsemangka.blogspot.com dan tag line Pampang Tumandang.

Selanjutnya Rohmat mengatakan dengan terinspirasi kesuksesan Agrowisata Semangka di Pampang pada tahun 2019, Kegiatan Taman Edukasi Pertanian pada saat musim kemarau setelah padi dipanen pihaknya juga berencana kembali menanam semangka dan berharap akan panen di 10 hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020 di bulan Mei dengan pola pemasaran Agrowisata Semangka seperti tahun 2019.

Sementara itu Lurah Pampang Iswandi sangat mendukung kegiatan pemuda tani milenial yang beranggotakan 30 pemuda tani dan siap memfasilitasi keberlanjutan Taman Edukasi Pertanian serta berharap inovasi para pemuda tani milenial dapat menarik minat para pemuda lainnya untuk terjun dan membangun dunia pertanian di desanya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan